Mengenai Saya

Foto saya
SUNTER AGUNG, DKI JAKARTA, Indonesia

Rabu, 07 Maret 2012

Routing | Pengertian dan Jenis Routing Dynamic serta Static

Routing | Pengertian dan Jenis Routing Dynamic serta Static


Routing | Pengertian dan Jenis Routing Dynamic serta Static - Routing adalah kegiatan menentukan jalur pengiriman data dalam suatu jaringan, menentukan jumlah host dalam jaringan, dan lain-lain. Suatu router membuat keputusan berdasarkan IP address yang dituju dan juga dari topologi jaringan. 
Agar keputusan routing tersebut benar, router harus mengenal seluruh seluk beluk jaringan (topologi). Dalam routing dinamis, informasi tentang topologi jaringan juga diperoleh dari router yang lain.
Jenis Jenis Routing

Dynamic Routing
Dynamic routing adalah teknik routing dengan menggunakan beberapa aplikasi networking yang bertujuan menangani routing secara otomatis. Tabel routing (ARP table) akan dimaintain oleh sebuah protokol routing, biasanya daemon. Dynamic Routing Protocol adalah routing protocol yang memungkinkan network admin untuk menset-up jaringan tanpa harus meng-update konten dari routing table secara manual bila terjadi perubahan.
Keuntungan:
- Lebih mudah untuk mengatur network yang besar. Akan memilih jalur lain yang ada bila suatu jalur rusak.
Kekurangan:
- Update ARP table dibagikan ke semua komputer, berarti mengkonsumsi bandwith butuh RAM untuk menentukan jalur terbaik bila terjadi down  jalur ditentukan oleh sistem, bukan admin
Static Routing
Static routing adalah metode routing yang tabel jaringannya dibuat secara manual oleh administrator jaringannya. Static routing mengharuskan admin untuk merubah route atau memasukkan command secara manual di router tiap kali terjadi perubahan jalur.
Keuntungan: 
- Lebih aman daripada dynamic routing terhadap metode spoofing
Kelemahan: 
-rentan terhadap kesalahan penulisan -lebih merepotkan dibandingkan dynamic routing
Referensi:
http://arc.itb.ac.id/oprek/TuBes/index.php/Routing
http://lecturer.d3ti.mipa.uns.ac.id/guspur/2010/11/02/dinamic-routing/
http://lecturer.d3ti.mipa.uns.ac.id/guspur/2010/10/29/static-route/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar