Mengenai Saya

Foto saya
SUNTER AGUNG, DKI JAKARTA, Indonesia

Rabu, 07 Maret 2012

Jenis-jenis komputer

Ada banyak istilah yang digunakan untuk menggambarkan “komputer”. Sebagian besar kata-kata ini menyiratkan ukuran, diharapkan menggunakan atau kemampuan komputer. Sementara istilah komputer dapat diterapkan pada hampir semua perangkat yang memiliki mikroprosesor di dalamnya, sebagian besar orang berpikir tentang komputer sebagai alat yang menerima input dari pengguna melalui mouse atau keyboard, proses itu dalam beberapa mode dan menampilkan hasilnya di layar .Apakah Anda tahu jenis komputer yang berbeda?

1. Personal Computer (PC)
Personal Computer (PC) didefinisikan sebagai sebuah komputer yang dirancang untuk penggunaan umum oleh satu orang.
Mac adalah PC juga, tapi kadang sebagian besar orang membagi istilah PC dan Mac berhubungan dengan sistem operasi.
PC pertama kali dikenal sebagai mikrokomputer karena mereka adalah komputer yang lengkap tapi dibangun pada skala yang lebih kecil daripada sistem besar yang digunakan oleh kebanyakan perusahaan.
2. Desktop
Sebuah PC yang tidak dirancang untuk mudah dibawa adalah komputer desktop.
Harapannya dengan sistem desktop adalah bahwa Anda akan mengatur komputer di lokasi yang permanen. Kebanyakan desktop menawarkan lebih banyak kekuatan, penyimpanan dan fleksibilitas dengan biaya kurang dari saudara-saudaranya yang portable.
3. Laptop
Juga biasa dikenal dengan notebook, laptop adalah komputer portabel yang mengintegrasikan layar, keyboard, pointing device atau trackball, prosesor, memori dan hard drive dalam satu sistem yang dioperasikan dengan satu baterai yang ukurannya sedikit lebih besar daripada buku novel.
4. Personal Digital Assistant (PDA)
Personal Digital Assistant (PDA) komputer yang terintegrasi yang lebih sering menggunakan flash memory daripada hard drive untuk penyimpanan. Komputer ini biasanya tidak memiliki keyboard, tetapi mengandalkan teknologi layar sentuh untuk input. PDA biasanya lebih kecil dari sebuah buku novel, sangat ringan dengan walaupun dengan baterai versi PDA yang sedikit lebih besar dan lebih berat adalah komputer genggam (handheld computer).
5. Workstation
Jenis kelima adalah komputer workstation.
Sebuah workstation hanyalah sebuah komputer desktop yang memiliki prosesor yang lebih kuat, memori tambahan dan peningkatan kapabilitas untuk melakukan tugas khusus, seperti permainan 3D Graphics atau game development.
6. Server
Sebuah komputer yang telah dioptimalkan untuk memberikan layanan kepada komputer lain melalui jaringan. Server biasanya memiliki prosesor yang kuat, banyak memori dan hard drive besar.
7. Mainframe
Pada awal komputasi, komputer mainframe sangat besar yang dapat mengisi seluruh ruangan atau bahkan keseluruhan lantai! Sejak ukuran komputer makin kecil dan peningkatan teknologi, istilah mainframe telah lama dilupakan. Anda akan masih mendengar istilah Mainframe, terutama di perusahaan besar untuk menggambarkan mesin-mesin raksasa pengolahan jutaan transaksi setiap hari.
8. Mini computer
Istilah ini jarang digunakan lagi, posisi minicomputer adalah di antara mikrokomputer (PC) dan mainframe (server enterprise). Minicomputer yang biasanya disebut sebagai mid-range server sekarang.
9. Super Computer
Jenis komputer ini memakan biaya ratusan ribu atau bahkan jutaan dolar. Meskipun beberapa superkomputer adalah sistem komputer tunggal, sebagian besar terdiri dari beberapa komputer kinerja tinggi yang bekerja secara paralel sebagai sistem tunggal. Superkomputer yang paling terkenal dibangun oleh Cray Superkomputer
10. Wearable computer
Tren terbaru di bidang komputer adalah komputer dpt dipakai. Pada dasarnya, aplikasi komputer umum (e-mail, database, multimedia, kalender / scheduler) diintegrasikan ke dalam jam tangan, ponsel, kacamata dan bahkan pakaian!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar