Mengenai Saya

Foto saya
SUNTER AGUNG, DKI JAKARTA, Indonesia

Minggu, 19 Februari 2012

Bunyi BIP pada Bios Komputer

Bunyi BIP pada Bios Komputer

Pernahkah anda mendengar suara bip pada komputer?? Dan perlu di ketahui bahwa bunyi "bip" lebih dari sekali merupakan adanya tanda-tanda ada kesalahan atau error kegagalan proses di komputer anda. Suara "bip" sekali saat proses booting setelah tampilnya pesan startup adalah normal dan tidak ada kegagalan, tetapi jika saat prosedur POST belum selesai dan belum ada informasi apapun yang ditampilkan kemudian terdengan "bip" berkali-kali inilah yang mungkin bermasalah. Kode "bip" BIOS bergantung tipe dan BIOS yang anda miliki, yang populer adalah AMI (American BIOS) dan Award BIOS.

Dan dibawah ini ada sedikit arti sebuah suara bip, yang menandakan adanya kesalahan/kegagalan di salah satu komponen komputer anda.Tipe AMI BIOS :

1x suara BIP panjang
Ada kemungkinan RAM mati atau terpasang tidak benar, sehingga menyebabkan kegagalan refresh DRAM.

2x
Kegagalan rangkaian parity. Pada saat data yang ditransmisikan dalam komputer, biasanya ditambahkan parity bit yang berfungsi untuk mendeteksi error. Pekerjaan ini dilakukan rangkaian parity yang terdapat dalam komputer. Hal ini kemungkinan disebabkan adanya masalah pada memori atau mainboard.

3x
Kegagalan base memori 64K, kegagalan ini biasanya disebabkan slot memori yang dikelompokkan dalam modul yang memiliki chip rusak. Base memori 64K adalah 64 KB memori yang pertama pada RAM.

4x
Kegagalan sistem timer, kemungkinan terdapat kesalahan pada satu atau lebih timer yang digunakan untuk mengontrol fungsi-fungsi pada motherboard.

5x
Kegagalan processor, dapat disebabkan panas berlebih, atau karena proses tidak terpasang benar kedalam socketnya.

6x
Kegagalan keyboar controller/gate A20, keyboard controller adalah chip pada motherboard yang mengendalikan keyboard anda

7x
kesalahan pembacaan processor kemungkinan adanya kerusakan pada processor

8x
kesalahan baca/tulis memory display

9x
Kerusakan BIOS

10x
Kesalahan CMOS

11x
Kerusakan cache memori

Tidak ada komentar:

Posting Komentar